Sunday, September 1, 2013

Analisa Teknikal Sederhana

           Beberapa waktu yang lalu, seorang teman menanyakan bagaimana tentang sebuah analisa sebuah saham. sebuah saham bisa dianalisa dari FA (Funadmental Analisis) dan TA (teknikal Analisis). kali ini saya akan memberikan contoh dari sebuah saham yang dianalisa melalui Teknikal Analisis. beberapa indikator yang digunakan adalah MA 14d ( Simple moving Average) yang merupakan harga rerata dari sebuah saham selama 14 hari. MACD (moving average convergen divergen), RSI (Relative Strength index). Dengan hanya bermodal indikator tersebut, sebetulnya kita bisa mendapatkan gain dari sebuah saham. Tanda panah hijau merupakan titik Entry. 
              Pada intinya, carilah saham yang sejalan dengan IHSG, kenapa begitu? karena akan lebih mudah untuk menganalisanya. di contoh terlihat tren saham tersebut sedang down trend, walupun begitu, jika kita masuk pas tanda panah ijo, maka kita bisa mendapat beberapa persen keuntungan. Walaupun tidak disarankan trading pada saat market turun alias down trend. 
                 Bagi pemula, saran saya adalah tidak masuk di pasar saham saat pasar sedang bearish, alias pegang uang cash saja. 

         Chart dibawah menunjukan kapan kita akan membeli saham? 
  •   MA 14d mulai berada di bawah grafik.
  •   MACD sangat melebar dan menunjukan akan menyempit.
  •   RSI sudah oversold (berada dibawah).
  •   Menyentuh garis Trend.
Yang Harus selalu diingat adalah money management, jika sudah rugi lebih dari 3% selalu disiplin cut loss. Semoga bermanfaat.....


No comments:

Post a Comment