Sunday, August 31, 2014

Money Management

  Sekian banyak trader pemula di pasar modal sering kali berharap untuk mendapatkan keuntungan yang spektakuler dengan menginvestasikn seluruh uang yang dimilikinya. Namun yang didapatkan buntung yang spektakuler. kasus ini banyak sekali terjadi sampai2 seorang pmodal pemula akhirnya bangkrut dan menganggap pasar modal adalah haram atau gambling.
           Seorang trader yang profesional tidak akan pernah menginvestasikan seluruh uang nya di pasar modal. trader profesional lebih melihat sisi trading sebagai suatu bisnis, sehingga dia tahu betul resiko dan kerugianya. berbeda dengan seorang penjudi,seorang penjudi akan mempertaruhkan seluruh uang nya, jadi apabila ada kerugian yang besar habislah uangnya.
              Jadi seorang trader harus benar2 mengerti dulu resiko trading. Sebab itu sangat lah penting sebuah Money Management di terapkan dalam bisnis trading ini. Money Management diartikan sebagai suatu cara pengelolaan keuangan agar suatu bisnis dapat berjalan lancar. 
             Penulis menggunakan Money Management 50:50 ( istilah penulis ), artinya 50% modal ditempatkan di tempat terpisah, misal di tabung di rekening khusus. Sedangkan untuk di investasikan di pasar modal adalah 50% juga, sehingga apabila uang penulis tidak akan habis apabila terkena kerugian investasi.


No comments:

Post a Comment